Jumat, 28 Januari 2011

Berkendara Ala Safety Rider

Dasar pemikiran.

Mengendarai sepeda motor, memiliki resiko kecelakaan yang jauh lebih besar
dibandingkan dengan kendaraan lain dan kecelakaan yang terjadi tidak hanya
bisa menimpa pengendara saja tetapi juga orang lain, penyebabnya bisa berbagai
hal mulai dari kondisi sepeda motor, kondisi lingkungan, kondisi fisik
pengendara,cara mengendarai dan yang utama kondisi mental pengendara.

Untuk itulah kita mengenal bahkan mungkin ada yang pernah mengikuti berbagai
program safety riding atau defensive riding guna meningkatkan keterampilan
kita mengemudikan sepeda motor, kemudian kita juga sering melihat berbagai
rambu/tanda yang memberikan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar kita
yang berkaitan dengan lalu lintas kendaraan, kita juga mengenal keharusan
service rutin untuk kendaraan kita guna mempertahankan kondisi terbaik
kendaraan kita, juga kita mengetahui bahwa ada undang-undang lalu-lintas yang
khusus mengatur masalah lalu lintas, tetapi semua itu tidak akan menjamin
keselamatan kita dijalan jika sikap dan kondisi mental kita tidak mendukung.

YMML sebagai komunitas pengendara sepeda motor dimana resiko kecelakaan yang
cukup tinggi, memiliki anggota yang memiliki latar belakang
pendidikan menengah keatas dan didukung oleh kondisi sosial ekonomi yang cukup
memadai, serta berada dalam satu keluarga besar dalam satu wadah dan
karakter member yang seperti ini bukan lagi masanya mendapatkan
pemahaman tentang hal-hal diatas melalui suatu doktrin yang kaku, tetapi
melalui pendekatan mental sehingga pelaksanaan safety riding bukan lagi suatu
pemaksaan tetapi telah menjadi suatu kebutuhan.

Safety Riding Team adalah bagian dari Komunitas yang memiliki fungsi
salah satunya adalah mengingatkan member untuk terus memperbaiki sikap
mentalnya tentang safety riding.

Atas pemikiran seperti diatas, maka dipandang perlu menyampaikan beberapa hal
yang harus diketahui oleh member baru ataupun Lama tentang upaya pemahaman safety
riding dikalangan bikers

1. HELM
Seperti kita ketahui bahwa kepala adalah bagian paling vital dari anggota
badan kita, celakanya kepala adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki
resiko tinggi menerima benturan saat terjadi kecelakaan, untuk itulah Safety
Riding Team mewajibkan semua membernya menggunakan dengan benar Helm untuk pengemudi
maupun penumpangnya. Helm yang baik adalah secara fisik mampu memberikan
perlindungan menyeluruh pada bagian kepala, seperti pada bentuk Full Face atau
Half Face, sementara untuk untuk helm Cetok, Safety Riding Team sangat tidak mengajurkan
untuk menggunakannya.

2. SEPATU
Banyak yang meremehkan tentang penggunaan sepatu dikala kita mengendarai
sepeda motor, tetapi faktanya sudah banyak pengendara Sepeda motor mengalami kecelakaan
cukup serius dikakinya saat mengendarai sepeda motor, Safety Riding Team menghimbau agar
menggunakan sepatu saat berpergian dengan sepeda motor, dan mewajibkannya saat
touring.

3. JAS HUJAN
Banyak rupa jas hujan, tapi tahukah anda, bahwa jas hujan model ponco justru
membawa maut bagi pemakainya ?? berkibarnya jas hujan model ponco akan
memiliki kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain, beberapa kasus tentang
hal ini sudah terjadi, Safety Riding Team mewajibkan bikers tidak menggunakan jas
hujan model ponco.

4. KACA SPION DAN LAMPU PENERANGAN
Dengan kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi baik kita akan mudah
memahami kondisi lalu lintas disekitar kita sehingga memberikan waktu yang
cukup untuk bereaksi, Safety Riding Team mewajibkan seluruh sepeda motor
memiliki kaca spion dan lampu penerangan yang berfungsi dengan baik.

5. MEMATUHI ATURAN LALU LINTAS
Ada hubungan yang jelas antara keselamatan mengendarai sepeda motor di jalan
dengan mematuhi aturan lalu lintas, Safety Riding Team selalu mengingatkan
dimanapun berada untuk berhenti dibelakang garis putih saat lampu merah
menyala, dan tidak memasuki jalur cepat yang bukan diperuntukan sepeda motor.

6. MENGGUNAKAN SIRINE
Sirine hanya boleh digunakan oleh aparat pemerintah yang memiliki wewenang
untuk menggunakannya, Safety Riding Team melarang penggunaan sirine
kecuali untuk petugas touring resmi yang mendapat izin dari kepolisisan.

7. SOPAN DAN BERETIKA
Jalan raya bukan hanya milik pengendara sepeda motor apa lagi member INBIKE
saja, untuk itu diminta agar mengedepankan sikap saling menghargai
kepada sesama pengguna jalan dan mau menolong sesama pengguna jalan terutama
sesama bikers dan pengguna motor lain yang mengalami hambatan di jalan. Jadilah
contoh yang baik untuk pengendara lain.

8. MEMATUHI ATURAN TOURING
Untuk keselamatan dan kenyamanan touring, Safety Riding Team sedang menyusun prosedur safety
touring, prosedur ini bersifat wajib untuk diikuti oleh peserta touring.
Mohon bantuan ide, saran dan tanggapan dari semua rekan-rekan untuk bersama-sama menyusun protap
Safety touring.

Delapan point tersebut selalu diingatkan oleh Safety Riding Team kepada semua bikers
tanpa terkecuali melalui berbagai cara, diantaranya adalah melalui program
publikasi di milist YMML, ketika anda sebagai member lupa
menjalankannya, maka identitas anda berikut kesalahannya akan tertulis disemua
media informasi dan komunikasi



BEBERAPA TIPS Safety Riding.

· Cek dan jaga selalu kondisi sepeda motor anda, karena anda yang paling
mengetahui kondisi layak dan tidaknya motor anda.
· Biasakan melakukan pengereman dengan menggunakan rem depan dan belakang
bersamaan, dengan penekanan 60 % rem depan, 40 % rem belakang, pada saat
menekan tuas rem depan gunakan 3 atau 4 jari anda, dan posisi tuas kopling
tidak tertekan, latih teknik pengereman ini sehingga ketika mengerem
mendadak tidak terjadi penguncian putaran ban.
· Jangan menikung atau menyalip kendaraan lain, jika anda tidak bisa melihat
kondisi didepan anda.
· Selalu gunakan pakaian yang sesuai, dan mudah dlihat.

SEKILAS TENTANG Safety Riding Team

Safety Riding Team bukan Provost , melainkan bagian dari bikers yang merencanakan dan
melaksanakan berbagai program kerja agar safety riding bisa berjalan dengan
baik di kalangan bikers dan pengguna sepeda motor umumnya, beberapa program
kerja diantaranya adalah sedang menyusun dan telah menerapkan prosedur safety touring, dan
Kampanye safety riding dikalangan sendiri.

Safety Riding Team terbuka bagi semua member untuk memberikan saran,ide atau gagasan atau bahkan
Mau bergabung bersama-sama untuk menyusun program kerja ataupun Protap safety touring, dengan
syarat utama memiliki komitmen untuk bekerja dan disetujui oleh Safety Riding Team,




Selamat berkendara yang aman,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar